Rabu, 19 Februari 2014

PEMASARAN PAKAN TERNAK AYAM


PEMASARAN PAKAN TERNAK AYAM

Produksi unggas Indonesia telah dapat memenuhi kebutuhan daging dan telur ayam, dimana produk ini dihasilkan terutama dari usaha ayam ras modern. Biaya pakan unggas dapat mencapai 70% dari biaya produksi. Ransum unggas disusun dari bahan baku lokal dan impor dengan menggunakan teknik formulasi pakan dengan biaya terendah untuk memenuhi kebutuhan gizi unggas. Bahan baku dikelompokkan ke dalam sumber energi, protein, hasil samping industri pertanian, mineral dan suplemen gizi. Imbuhan pakan yang terdiri dari antibiotika, enzim, bahan pengawet dan lain-lain ditambahkan untuk meningkatkan penampilan produksi.
Produksi pakan di Indonesia hampir mencapai 7 juta ton, yang terdiri darin85% pakan unggas sedangkan sisanya untuk pakan ikan, babi dan ternak lainya. Ransum unggas umumnya menggunakan jagung dan bungkil kedelai sebagai bahan utama clan masing-masing dapat mencapai 55 clan 23% dari total ransum unggas. Kebutuhan bahan baku dapat dihitung dari produksi pakan dan untuk memenuhi kebutuhan bahan pakan.
Selama ini Indonesia masih mengimpor jagung dari Argentina, ASdan China, lebih dari 1,5 juta ton sumber protein karena ketidakcukupan produksi dalam negeri. Permasalahan dalam produksi pakan adalah suplai bahan baku, fluktuasi kualitas dan harga Berta keterbatasan informasi.
 Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menggali bahan baku inkonvensional sumber protein seperti kacang-kacangan, biji-bijian, protein daun, limbah hewan dan sebagainya tetapi terbatas dalam aspek ketersediaan.
Penelitian untuk meningkatkan protein dari sumber karbohidrat dan juga hasil samping pertanian belum layak untuk dikembangkan dalam industri pakan. Pabrik pakan yang akan dibuat, diharapkan dapat menjadi bagian dari solusi untuk mengembangkan berbagai inovasi teknologi untuk menjawab permasalahan yang ada pada industri pakan termasuk meningkatkanefisiensi, mengendalikan kualitas, pengolahan pakan dan mengembangkan imbuhan pakan.
 Secara teknis operasional, kegiatan manajerial untuk pengelolaan pabrik pakan ternak unggas Skala kecil adalah sebagai berikut:
a. Melakukan pemesanan sesuai dengan proyeksi produksi
b. Melakukan proses MRP
c. Melakukan MoU dengan para pemasok
d. Memeriksa kandungan air
e. Memeriksa kualitas dankuantitas bahan
f.  Mengelola penyimpanan bahan baku sesuai dengan standar  
    kualitas

     Manajemen Produksi Proses Skema produksi Pembuatan layout produk Penerapan konsep Total Quality management Penentuan kapasitas produksi Penentuan komposisi bahan baku dengan bantuan software pakan ternak Uji produk secara periodik ke laboratorium untuk mengetahui kadar nutrisi pakan Pengemasan dan labeling Manajemen Stok Mapping pasar Pengelolaan stok perdasarkan produksi dan pasar.
Perencanaan produksi sangat krusial dalam proses teknis selanjutnya, karena secara umum pekerjaan selanjutnya diotomatisasi menggunakan software dan mesin produksi. Titik krusial yang sangat berpengaruh pada efesiensi usaha adalah pada proses pemasaran, proses pembelian bahan baku pakan.

1.    DESAIN PRODUK
a. Produk
          a. 5 ton per hari
          b. Mesin dirakit di Indonesia
          c. Maintenance dilakukan oleh SDM setempat
          d. Pinja ma n 10 Ta hu n
          e. Bunga 16% flat
          f. Grace periode 6 bulan
          g. Nilai investasi sekitar Rp. 1.977.900.000,- (pinjaman)
          h. Modal kerja untuk 3 bulan produksi sebesar
             Rp. 1.582.708.500,- (idealnya modal      sendiri)
          i. Jadi total kebutuhan dana adalah sebesar
           Rp. 3.560.608.500,-

          Pakan temak ungas (broiler)
          a. Starter (pakan untuk DOC)
          b. Grower (pakan untukayam usia pertumbuhan)
          c. Finisher (ayam menjelang dijual)

          Produk pakan ternak yang dijual untuk keperluan       peternak     ayam potong, dengan variasi produk sebagai          Starter        sedangkan pakan untuk periode awal           pertumbuhan sampai    dengan ayam usia 10 hari, pakan da          lam periode ini mempunyai tingkat protein sangat tinggi   mencapai 20% dengan biaya produksi relatif lebih tinggi          dibandingkan dengan kebutuhan grower dan finisher.

b. G r o w e r
          Pakan untuk periode pertumbuhan antara10 hari        sampai 25   hari dengan kadar protein lebih rendah      dibandingkan dengan para periode starter.
c. F i n i s h e r
          Pakan untuk periode akhir antara 26 hari sampai 38   hari   dengan kadar protein lebih rendah dibandingkan     dengan para periode grower, pada periode ini pakan           berukuran lebih   besar
d. Kelayakan
          1. Kapasitas tahun pertama 5 ton per hari dan dinaikan
              secara periodik
          2. Rol 3 tahun
          3. IRR61%
          4. NPV : 6.663.461.000,-

2.    PENETAPAN HARGA
    Harga pakan ternak secara umum relatif stabil berada dalam kisaran Rp. 5.000 di tingkat peternak. Harga pakan juga tidak terlalu terpengaruh oleh harga bahan baku jagung yang sangat fluktuatif, dengan demikian maka margin keuntungan pembuatan pakan akan sangat ditentukan oleh manajemen stok bahan baku pakan terutama jagung.
    Penentuan harga dalam profil ini mengacu pada harga pakan unggas pada awal tahun 2009, yaitu :
Jenis Pakan Keterangan Penggunaan Harga/ Kg (Rp)
Starter DOC sampai dengan satu minggu 5.150
Grower Ayam dalam mass pertumbuhan 5.050
Finisher Ayam mendekati usia panen (sekitar 5.000 38 hari)
    Biaya produksi pakan sangat ditentukan oleh harga jagung, sebagai komponen utama pakan ternak (60%) di para pengumpul jagung kering dengan kadar air sekitar 10% harganya Rp. 1.900 (harga ini relatif fluktuasi) tergantung musim tanam, pada kondisi sangat baik, harga jagung di tingkat petani dapat mencapai Rp. 2.900.

3.    PENDISTRIBUSIAN
      a.  Jumlah permintaan sangat tinggi mencapai sekitar 1500   
          ton per bulan
b. Kompetisi cukup tinggi, dengan pola pemasaran
    relasional,sehingga setiap perusahaan pakan dapat
    membangun pelanggannya sendiri-sendiri
c. Pola pemasaran langsung kepada mitra binaan yang dipasok
   pakan pembayaran setelah panen

    Terkait dengan keterhubungan dengan pasar, maka perusahaan dapat meniru pola pemasaran yang sudah berjalan dengan pola kemitraan dengan para peternak, terutama peternak kecil yang selama ini sangat tergantung dari pasokan pakan dari perusahaan besar. Upaya menekan biaya produksi dapat dilakukan dengan melakukan manajemen pembelian dan pengelolaan stok bahan baku, karena harga jagung sebagai bahan baku utama cenderung fluktuatif sepanjang tahun. Bisnis yang direkomendasikan dalam profit ini adalah bisnis pakan ternak skala kecil, terutama bila dibandingkan dengan para pelaku pakan ternak saat ini yang kapasitas produksinya mencapai puluhan ribu ton per bulan.
    Untuk tahap permulaan direkomendasikan pabrik pakan dengan kapasitas sampai dengan 300 ton per bulan, atau setara dengan kebutuhan pakan ayam sekitar 80.000 ekor per periode, jumlah tersebut relatif moderat mengingat beberapa distributor pakan di Kabupaten Garut yang telah menjual dapat mencapai 700 ton per bulan', padahal di Kabupaten Garut terdapat beberapa distributor pakan yang mempunyai omset tidak jauh berbeda.
    Investasi pabrik pakan ternak, telah banyak dinantikan oleh para pelaku usaha perunggasan, dengan harapan mereka menclapat harga lebih murah, dengan kualitas pakan yang memenuhi standar dalam hal kadar nutrisi clan tingkat days cernanya. Potensi ini belum banyak dilirik karena kurang populer jika dibandingkan dengan investasi di bidang pariwisata dan tambang yang setara kasat mata lebih mudah pengelolaannya, turn over nya relatif lebih cepat, dan telah banyak contoh investasi yang berhasil di sektor tersebut.

 4. STRATEGI PEMASARAN
    Pola pemasaran relasional, lebih dari sekedar personal selling, strategi ini akan berpengaruh pada asumsi biaya modal selama 3 bulan, untuk mengantisipasi adanya kemadekan:
a. Segmentasi
1. Geografis
2. Skala usaha menengah dan kecil
3. Kepemilikan modal
b. Targeting
1. Peternak kecil
2. Peternak menengah yang mandiri
3. Berada di lokasi yang berdekatan dengan pabrik
c. Positioning
Pakan murah berkualitas
d. Marketing Mix
1. Produk untuk broiler
2. Harga lebih murah dibandingkan produk sejenis
3. Distribusi langsung ke peternak
4. Pola penjualan yang dioptimalkan adala h personal selling
5. Promosi dilakukan bersamaan dengan panen

    Terdapat beberapa keunggulan investasi pakan ternak, yang sangat penting dipertimbangkan oleh para talon investor, antara lain adalah sebagai berikut:
1. Pola pemasaran yang mudah bila terintegrasi dengan
    pengembangan peternakan unggas
2. Bisa terintegrasi dengan pengembangan pertanian jagung
    clan peternakan unggas
3. Dapat dibuat dalam Skala kawasan dengan konsep cluster
4. Mempunyai nilai tambah yang sangat besar bagi masyarakat
    sekitar, bagi sektor terkait, clan terutama bagi peningkatan  
geliat pertumbuhan ekonomi kawasan.
5. Produk yang dihasilkan dapat lebih murah dibandingkan
    para pesaing.

    Secara umum investasi pakan ternak menguntungkan setara langsung bagi pemodal, maupun memberikan maslahat bagi stakeholders maupun masyarakat sekitar. Dalam konteks Kabupaten Garut, investasi pakan ternak jugs relevan dengan arch dan kebijakan pemerintah. Berdasarkan hasil investigasi tim pads pertengahan bulan Maret 2009.



5. PROYEKSI PERMINTAAN
      Kebutuhan pakan per ekor ternak unggas pedaging dari DOC sampai panen (sekitar 38 hari) kurang lebih 3 Kg pakan. Dengan demikian maka proyeksi permintaan dapat disesuaikan dengan proyeksi pengembangan petemakan di kabupaten Garut, terutama para peternak Mandiri.
      Dari hasil survey lapangan, para peternak mandiri yang potensial dibangkitkan kembali sekitar 98 orang, dengan rata-rata kepemilikan ayam 1000 ekor per orang maka permintaan pakan per periode adalah sebanyak 98 X 1.000 X 3 Kg = 294 ton per periode pemeliharaan atau kira setara dengan 5 ton pakan per hari.















6 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
    Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan
      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan sejumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diminta untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  3. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dunia, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka ada yang mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan peminjaman yang curang di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan peminjaman palsu.

    Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang memiliki hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan keadaan saya kemudian perkenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM.

    Saya mendapatkan pinjaman Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya ajukan, Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta saran Anda jika Anda membutuhkan pinjaman, lebih baik Anda menghubungi SANDRAOVIALOANFIRM.

    Email: sandraovialoanfirm@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus